Jumat, 06 Juni 2014

Penilaian Kinerja (Organisasi dan Manajemen)


Terminologi dan Definisi : Sistem formal & terstruktur yg digunakan untuk mengukur, menilai dan memengaruhi sifat2 yg berkaitan dg pekerjaan, perilaku & hasil serta ketidakhadiran (Rivai & Sagala, 2010)
Tujuan Penilain Kinerja
1.      Tujuan Khusus
·         Evaluasi yg obyektif thd kinerja karyawan pd masa lalu untuk membuat keputusan (bidang SDM) di masa mendatang.
·         Alat yg memungkinkan untuk membantu karyawan memperbaiki kinerja, merencanakan pekerjaan, mengembangkan kemapuan & keterampilan & memperkuat kualitas hub. antarmanajer dg kary.awan
2.      Tujuan Umum
·         Mengetahui pengembangan, ex. Identifikasi kekuatan & kelemahan staf, menentukan transfer/penugasan
·         Pengambilan keputusan administratif, ex. Keputusan menentukan gaji, promosi, PHK, dll
·         Keperluan perusahaan, ex. perencanaan SDM, penentuan kebutuhan pelatihan, evaluasi sistem SDM, dll
·         Dokumentasi, ex. dokumentasi keputusan2 SDM

Standart Kinerja :
         Mencerminkan seberapa jauh keberhasilan pencapaian kerja
         Dihubungkan dg hasil kerja yg diinginkan
         Diuraiakan dr analisis pekerjaan

Ukuran Kinerja :
         Ukuran yg handal hendaknya dpt dibandingkan dg cara lain dg standar yg sama shg kesimpulannya sama ttg kinerja seseorang.

Aspek yang Dinilai :
·         Kemampuan teknis
·         Konseptual
·         Komunikasi

Metode Penilaian Berorientasi Masa Lalu (Gibson, dkk, 1997) :
         Graphic Rating Scales : Penilai menilai kinerja karyawan berdasarkan skala tertentu
         Rangking Methode : Karyawan diranking sesuai nilai relatif mereka bagi organisasi.
         Weighted Checklist : Penilai memilih (checklist) pernyataan yg menggambarkan karakter & kinerja karyawan
         Descriptive Essay

Metode Penilaian Berorientasi Masa Depan (Rivai & Sagala, 2010)
·         Self Appraisal : Dilakukan oleh karyawan sendiri untuk mengetahui kelemahan & kelebihannya.
·         Management by Objective (MBO) : Karyawan & penyelia bersama2 menetapkan tujuan & sasaran kerja di waktu yg akan datang.
·         Penilaian secara Psikologis : Dilakukan oleh psikolog untuk mengetahui potensi karyawan.
·         Assessment Center : Penilaian melalui serangkaian teknik penilaian oleh sejumlah penilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar